Wednesday 3 February 2016

4 Pemain top eropa yang hijrah ke Tiongkok pada bursa transfer januari 2016


Eropa saat ini merupakan destinasi bagi para pemain sepakbola yang ingin melanjutkan karirnya sebagai pemain, bukan saja fasilitasnya yang lengkap, kompetisi yang profesional, juga bayaran yang tinggi. Itulah yang menjadi daya tarik bagi para pemain dari berbagai macam benua untuk mengadu nasib di Eropa. Pemain dari Asia, Afrika, Amerika Latin banyak yang bermimpi untuk bermain di Eropa untuk mendapatkan kesempatan mencoba kompetisi sepakbola yang kompetitif disana. Akan tetapi banyak juga pemain yang bisa dibilang masih dalam usia emas memutuskan pindah ke Tiongkok. Bisa dikatakan, kompetisi di negeri gingseng saat ini merupakan liga yang bertransformasi menjadi liga yang mewah dengan gaji tinggi yang ditawarkan. Banyak pemain di liga top eropa yang pindah ke Tiongkok dengan alasan gaji yang dua kali lipat akan mereka dapatkan jika bermain di Tiongkok.

Berikut 4 pemain top eropa yang memutuskan pindah ke tiongkok pada bursa transfer januari 2016 :

1. Gervinho

Nama lengkap : Gervais Yao Kouassi

Tanggal lahir   : 27 Mei 1987

Negara Asal     : Pantai Gading

Posisi               : Penyerang

Klub sebelumnya : AS Roma

Klub saat ini    : Hebei China Fortune

Pemain yang pernah mengecap sukses bersama Lille di Prancis dengan mencetak 18 gol dalam semusim ini menarik perhatian Arsenal yang akhirnya mendapatkannya dengan mengeluarkan 10,8 juta poundsterling. Selama dua tahun di Arsenal dalam periode 2011-2013, pemain Pantai Gading ini mencatat 46 pertandingan dan hanya mencetak 9 gol jauh saat dia memperkuat Lille. Akhirnya pada tahun 2013 Gervinho pindah ke AS Roma dengan mahar 8 juta euro, saat memperkuat tim serigala Roma Gervinho mencatat 71 penampilan dengan mencetak 17 gol selama tiga tahun dia bermain di Italia. Pada tahun 2016 kali ini, AS Roma berhasil mendapatkan Stephan El Sharaawy secara pinjaman dari AC Milan yang membuat kesempatan bermain Gervinho semakin sedikit. Atas pertimbangan tersebut ditambah tawaran gaji yang menggiurkan, akhirnya ia pindah ke china dengan mahar 18 juta euro.

2. Fredy Guarin

Nama lengkap  : Fredy Alejandro Guarin Vasquez

Tanggal lahir    : 30 Juni 1986

Negara Asal      : Kolombia

Posisi                : Gelandang

Klub sebelumnya : Internazionale

Klub saat ini        : Shanghai Shenhua

Bersinar saat bermain untuk Porto di Portugal, Fredy Guarin memutuskan menerima tawaran Internazionale pada Januari 2012 secara pinjaman untuk menggantikan Thiago Motta yang pindah ke PSG. Pada Juni 2012, karena permainannya yang menyatu dengan tim. Guarin dipermanenkan oleh Internazionale dengan nilai 13.5 juta euro. Permainannya terus menanjak bersama Internazionale membuat Juventus dan Manchester United tertarik mendapatkannya pada 2014 tetapi ditolak oleh pihak Internazionale. Selama memperkuat Internazionale, Guarin mencatat 108 penampilan dengan mencetak 15 gol. Pada bursa transfer musim dingin 2016 kali ini, Guarin menerima tawaran Shanghai Shenhua dengan mahar 11 juta euro ditambah bonus.

3. Ramires

Nama lengkap   : Ramires Santos Do Nascimento

Tanggal lahir     : 24 Maret 1987

Negara Asal      : Brasil

Posisi                 : Gelandang

Klub sebelumnya : Chelsea

Klub saat ini       ; Jiangsu Suning

Pemain yang menjadi tulang punggung Brazil di piala dunia 2014 ini merupakan pemain yang berjasa bagi Chelsea dalam mempersembahkan trofi Liga Champions pada tahun 2011-2012. Ramires datang ke Chelsea pada tahun 2010 dari benfica dengan mahar 22 juta euro. Selama memperkuat Chelsea, ia mencatatkan 246 penampilan dan mencetak 37 gol. Pada tahun ini, kesempatan bermain Ramires semakin berkurang semenjak kedatangan Guus Hiddink di Chelsea. Ia kalah bersaing dengan John Obi Mikel di lini Tengah Chelsea. Dengan kondisi seperti itu, Ramires memutuskan pindah ke Jiangsu Suning dengan transfer sebesar 25 juta poundsterling.

4. Jakson Martinez

Nama lengkap  : Jackson Arley Martinez Valencia

Tanggal lahir    : 3 oktober 1986

Negara asal       : Kolombia

Posisi                : Penyerang

Klub sebelumnya : Atletico Madrid

Klub saat ini         : Guangzhou Evergrande

Dengan mencatat 89 penampilan dan mencetak 67 gol bagi FC Porto membuat nama Jackson Martinez menjadi rebutan bagi Klub-klub Eropa pada bursa transfer musim panas 2015 kemarin. Tercatat ada nama AC Milan, Arsenal hingga Atletico Madrid yang mengincar jasanya. Sempat dikabarkan resmi pindah ke AC Milan, Martinez akhirnya berlabuh ke Klub La Liga Spanyol, Atletico Madrid dengan nominal 35 juta euro untuk menggantikan Diego Costa yang hengkang ke Chelsea. Namun dengan nominal besar seperti itu menjadikan seakan beban bagi Martinez yang hanya mencatat 15 penampilan dan hanya mencetak 2 gol bagi Atletico Madrid. Ia kalah bersaing dengan Striker utama tim yaitu Antoine Griezmann dan pemain muda Klub Angel Correa. Dengan kesempatan bermain yang menipis membuat Jackson Martinez membuat keputusan untuk pindah ke Shanghai Shenhua dengan mencatat rekor transfer di China Super League sebesar 45 juta euro.

No comments:

Post a Comment