Wednesday 27 January 2016

5 Pemain yang bersinar setelah meninggalkan Manchester United

5 Pemain yang bersinar setelah meninggalkan MU


Manchester united merupakan salah satu klub terbesar di dunia. banyak pemain yang ingin bermain di United. Kesukesan terbesar United adalah ketika tim ini dipegang oleh Sir Alex Ferguson dengan meraih Treble Winners pada tahun 1999. Saat itu United diperkuat oleh lulusan class of  '92 yang antara lain adalah David Beckham, Paul Scholes, Ryan giggs, dan Gary Neville. Namun, tidak semua pemain yang bermain untuk United memperoleh kesuksesan ketika memperkuat tim ini. Ada beberapa pemain yang gagal ketika berkostum United, sebut saja Danny Welbeck yang merupakaan pemain binaan United sendiri dan ketika ia pindah ke Arsenal pun dia gagal menunjukkan performa yang baik. Nah, akan tetapi ada beberapa pemain yang sukses setelah mengalami periode buruk di United.
Berikut adalah 5 pemain yang sukses setelah meninggalkan Manchester United:

1. Ryan Shawcross

Nama lengkap : Ryan James Shawcross

Tanggal lahir   : 4 Oktober 1987

Tempat lahir    : Chester, Inggris

Posisi               : Bek tengah

Klub saat ini    : Stoke City

Ryan shawcross merupakan pemain asli binaan Manchester United. Dia tergusur dari United karena saat itu kalah bersaing dengan bek-bek muda United lainnya seperti Jonny Evans dan Gerard Pique. Shawcross lebih banyak menjalani periode peminjaman daripada bermain di United sendiri. Ia tercatat pernah dipinjamkan ke Royal Antwerp, belgia dan juga Stoke City, tempat ia bermain hingga saat ini. Pada tahun 2008, Shawcross akhirnya pindah permanen ke Stoke City hingga saat ini. Shawcross telah bermain di 337 partai dan mencetak 22 gol untuk Stoke City hingga ia dinobatkan menjadi kapten Stoke City saat ini. Sir Alex Ferguson pernah menyatakan bahwa ia menyesal melepas Shawcross dan mempertahankan Evans yang saat ini sudah bermain untuk West Bromwich Albion.

2. Shinji Kagawa

Nama lengkap : Shinji Kagawa

Tanggal lahir   : 17 Maret 1989

Tempat lahir    : Tarumi-ku, Kobe, Hyogo, Jepang

Posisi               : Gelandang Tengah

Klub saat ini    : Borussia Dortmund

Pada tahun 2012, ketika Borussia Dortmund dibawah asuhan Juergen Klopp meraih gelar Bundesliga mengalahkan rival abadinya Bayern Munich, ada pemain asia yang bersinar saat itu. Ia bernama Shinji Kagawa. pemain ini yang membuat klub sekelas Manchester United tertarik untuk memboyongnya. Bak gayung bersambut, Kagawa menerima tawaran United dan menjadikan dia pemain Jepang pertama yang memperkuat Manchester United. Sayang dalam perjalanannya selama 2 tahun di Manchester United dalam periode 2012-2014 ia hanya mencatatkan penampilan sebanyak 38 petandingan dan mencetak 6 gol, jauh dari torehannya ketika memperkuat Dortmund yaitu 49 penampilan dan mencetak 21 gol. Akhirnya karena kesulitan mendapatkan menit bermain dan juga karena faktor cedera, Kagawa memutuskan untuk kembali ke Dortmund dengan nominal yang tidak disebutkan. Tetapi diyakini di kisaran 7 juta pounds. Jauh dibawah ketika United membelinya dari Dortmund sebesar 25 juta pounds. Di periode keduanya bersama Dortmund, kagawa kembali bersinar, ini dibuktikan dengan dirinya sudah mengumpulkan 45 pertandingan dan mencetak 9 gol bersama Dortmund sejauh ini. Mungkin United menyesal melepas Kagawa ditengah kesulitan mereka mencetak gol akhir-akhir ini di liga Inggris.

3. Paul Pogba

Nama lengkap  : Paul Labile Pogba

Tanggal lahir    : 15 Maret 1993

Tempat lahir     : Lagny-Sur-Marne, Prancis

Posisi                : Gelandang

Klub saat ini     : Juventus

Pada tahun 2009, Pogba yang ketika itu baru berusia 17 tahun datang dari klub Prancis, Le Havre. Ia digadang-gadang bakal menjadi penerus Paul scholes di Manchester United. Akan tetapi, Pogba tidak kunjung mendapatkan kesempatan bermain bagi tim utama yang akhirnya membuat Pogba gerah. Pada tahun 2012, Pogba menolak memperpanjang kontraknya dan memutuskan menerima tawaran Juventus. Dia akhirnya memutuskan untuk meninggalkan United secara gratis ke Juventus hingga saat ini ia menjadi pemain penting di klub Italia tersebut. Sejauh ini Pogba sudah mencatatkan penampilan sebanyak 158 penampilan dan mencetak 29 gol serta membawa Juventus meraih scudetto dan mengantarkan Juventus mencapai final liga champions sebelum dikalahkan Barcelona. Dengan kepiawaiannya menggalang lini tengah mungkin United menyesal melepas Pogba yang sudah menolak tawaran 70 juta pounds dari Chelsea maupun Madrid. Wow!!


4. Javier "Chicharito" Hernandez

Nama lengkap  : Javier Hernandez Balcazar

Tanggal lahir    : 1 Juni 1988

Tempat lahir      : Guadalajara, Meksiko

Posisi                : Penyerang

Klub saat ini     : Bayer Leverkusen

Tahun 2010, Seorang pemuda Meksiko yang saat itu belum genap 22 tahun dikontrak oleh Manchester United dari klub raksasa Meksiko Guadalajara. United mengontrak Hernandez bukan tanpa alasan. Karena diusianya yang masih muda, ia sudah menjadi tulang punggung timnas Meksiko yang akan bermain di Piala Dunia Afrika Selatan kala itu. Pada musim pertamanya di United, Hernandez memperoleh kesuksesan besar dengan mencatat penampilan sebanyak 45 laga dan mencetak 20 gol. Sir Alex Ferguson kala itu menyebut Hernandez sebagai titisan dari Ole Gunnar Solksjaer. Dilihat dari cara bermain Hernandez memang mengingatkan pada Solksjaer. Selain itu, terdapat kesamaan dari mereka yaitu memiliki wajah yang baby face. Akan tetapi nasib Hernandez tidak seberuntung Solksjaer, karena di musim-musim berikutnya Hernandez mulai mengalami penurunan performa. Hal ini disebabkan oleh kedatangan penyerang-penyerang baru di United seperti Robin Van Persie maupun Radamel Falcao. Pada musim 2014-2015, Hernandez dipinjamkan ke Real Madrid selama satu musim sebelum dilego ke Bayer Leverkusen senilai 7,3 Juta pounds. Di musim perdananya memperkuat Lverkusen, Hernandez langsung menjadi andalan dengan mencatat penampilan sebanyak 15 laga dan mencetak 11 gol. Di tengah kesulitan Mancester United mencetak gol musim ini, sepertinya mereka atau khususnya pelatih mereka saat ini Louis Van Gaal menyesal telah melepas Hernandez yang ia katakan hanya memperoleh 1% kesempatan bermain jika bertahan di United.

5. Angel Di Maria

Nama lengkap   : Angel Fabian Di Maria Hernandez

Tanggal lahir     : 14 Februari 1988

Tempat lahir      : Rosario, Argentina

Posisi                 : Pemain sayap, Gelandang serang

Ketika United memecahkan rekor transfernya pada tahun 2014 sebesar 59,7 juta pounds, banyak ekspektasi berbagai pihak kepada Di Maria untuk meningkatkan level United yang tengah terpuruk saat itu di bawah kepemimpinan David Moyes. United yang kala itu baru saja di latih oleh Louis Van Gaal berharap Di Maria bisa melanjutkan tren positif seperti ketika membawa Madrid mencapai la decima dan menggapai final Piala Dunia bersama timnas Argentina. Selama satu musim memperkuat United, Di Maria mencatat 27 penampilan dengan hanya mencetak 3 gol. Penyebab dari seretnya gol Di Maria memang dipengaruhi oleh faktor teknis dan non teknis. Selain cedera, penyebab buruknya performa Di Maria adalah kurang harmonisnya hubungan dia dengan Van Gaal dan juga karena ia merasa tidak betah tinggal di Manchester sejak rumahnya kemalingan. Akhirnya pada 25 juli 2015, Angel Di Maria menerima tawaran dari PSG yang sebelumnya kalah bersaing dengan MU berhasil memperoleh tanda tangan Di Maria di kisaran 44 juta pounds. Di musim perdananya bersama PSG, Di Maria sudah mengumpulkan 16 penampilan dan mencetak 8 gol. Jauh dari torehan dia di Real Madrid. United pasti menyesal melepas Di Maria yang dikenal sebagai pemain yang kreatif, saat United tengah kesulitan dalam hal kreatifitas.



No comments:

Post a Comment